Tanaman Berdaun Ular Silindris: Cara Tanam Praktis, Manfaat Fantastis

Apakah anda familiar dengan tanaman lidah mertua? Orang Indonesia pasti kenal dengan tanaman pertanian yang memiliki daun memanjang seperti ular ini. Lidah mertua atau Sansevieria ternyata banyak loh jenisnya! Akan tetapi kali ini kita akan membahas salah satu jenis Sansevieria. Yuk simak artikel berikut!

Tanaman Berdaun Ular Silindris: Cara Tanam Praktis, Manfaat Fantastis

Tanaman berdaun ular silindris merupakan salah satu tanaman jenis sukulen yang mudah tumbuh di Indonesia

Tanaman berdaun ular silindris atau Sansevieria cylindrica merupakan jenis tanaman sukulen yang berasal dari Angola, sebuah negara yang terletak di Afrika bagian Barat Daya. Tanaman sukulen merupakan jenis tanaman yang menyimpan air pada batang utamanya, sehingga batang pada tanaman ini cenderung menggembung dan tampak seperti kelopak daun. Karena berasal dari Afrika, orang barat menyebutnya African Spear Plant atau tanaman tombak Afrika.

Tanaman ini memiliki bentuk daun silindris memanjang berwarna hijau keabuan dengan ujungnya yang runcing serta berbentuk bulat apabila dilihat dari atas. Daun yang tumbuh ke atas seperti tombak tersebut dapat mencapai 100 sampai 200 cm dengan tebal sekitar 3 cm. Apabila dilihat secara horizontal, tanaman berdaun ular silindris ini memiliki bentuk menyerupai kipas. 

Bagaimana Tanaman berdaun ular silindris Ini Tumbuh?

Sansevieria cylindrica dapat hidup di tempat bersuhu panas maupun dingin

Tanaman tombak Afrika dapat tumbuh di dataran rendah – tinggi dengan suhu panas maupun dingin. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam dan di luar ruangan. Intensitas cahaya yang cukup akan membuat tanaman ini tumbuh dengan baik. 

Sansevieria menyukai suhu di atas 10o C. Kondisi ini menjadikannya sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Walaupun dia menyukai suhu di atas 10 o C, ternyata dia juga bisa hidup pada suhu 0 o C, lo! Tak hanya itu, tanaman ini dapat hidup pada musim kemarau maupun musim hujan. 

Cara berkembang biak tanaman berdaun ular silindris ini dengan menggunakan rimpang. Membudidayakannya pun cukup mudah, yaitu dengan memotong daun bersama dengan rimpangnya lalu menanamnya ke media tanam baru. Akan tetapi anda harus memastikan getahnya kering dulu ya, baru menanam rimpangnya dengan posisi daun tidak tertutup media tersebut. Sangat praktis bukan?

Baca juga : Cara budidaya anggrek di rumah

Bagaimana Perawatan Tanaman Ini?


A picture containing plant, pot, agave, tree  Description automatically generated

Perawatan Sansevieria cylindrica sangat mudah dan praktis

Perawatan Sansevieria ini tidak sulit lo! Bahkan jika anda belum berpengalaman dalam merawat tumbuhan, anda pasti bisa merawat tanaman ini dengan baik. Berikut adalah tips untuk perawatan tanaman berdaun ular silindris :

  1. Letakkan tanaman di tempat yang terkena cahaya matahari

Walaupun tanaman ini dapat tumbuh pada suhu yang cukup rendah, akan tetapi paparan cahaya matahari yang cukup akan membuatnya tumbuh lebih optimal. Apabila tanaman anda berada di dalam rumah, pastikan dia berada di tempat yang mendapatkan cukup cahaya matahari. Namun apabila tanaman anda berada di luar ruangan, pastikan dia tidak terpapar cahaya secara langsung karena tanaman ini mudah terbakar. 


  1. Lakukan penyiraman dengan tepat

Media tanam Sansevieria tidak boleh terlalu basah karena akan menyebabkan pembusukan pada akar tanaman. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menyiram tanaman ini. Anda cukup melakukan penyiraman ketika media tanamnya sudah kering. Jangan takut tanaman menjadi layu karena tanaman ini mampu bertahan pada daerah kering. 


  1. Beri pupuk secukupnya

Sebenarnya pemberian pupuk pada tanaman berdaun ular silindris tidak terlalu urgent. Pasalnya, dia akan tetap tumbuh walaupun tidak diberi pupuk. Akan tetapi agar tanaman tetap subur alangkah baiknya untuk memberikan pupuk sebagai tambahan nutrisi. Anda dapat memberikan kompos cacing atau pupuk slow release agar tanaman tumbuh dengan baik.


  1. Pindahkan ke tempat lain apabila ukurannya sudah terlalu besar

Hal ini perlu dilakukan agar pot tidak retak karena terlilit oleh akar tanaman. Selain itu, tanaman juga perlu mendapatkan media yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada akar. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara optimal ketika memindahkan tanaman. 


  1. Bersihkan daun sansevieria 

Untuk tanaman berdaun ular silindris yang diletakkan di dalam ruangan, jangan lupa untuk membersihkan daun dari debu yang menempel. Debu yang menempel pada tanaman sebenarnya tidak mengganggu pertumbuhan, akan tetapi untuk keindahan ruangan, langkah ini perlu anda lakukan. 


Apa Saja Manfaat dari Tanaman Sansivera Ini?

Tanaman Berdaun Ular Silindris: Cara Tanam Praktis, Manfaat Fantastis

Manfaat Sansevieria cylindrica sangat banyak terutama untuk kesehatan

  1. Menyaring udara dalam ruangan

Tanaman berdaun ular silindris ini ternyata mampu menyaring udara dalam ruangan lo! Bahkan dia tetap bisa memproduksi oksigen (O2) di malam hari. Hal ini menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan seperti kamar tidur untuk membantu anda mendapatkan sirkulasi udara yang sehat. 


  1. Menyerap polusi udara 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NASA, kelompok Sansevieria dapat menyerap polusi udara seperti formaldehyde, toluene, xylene, serta nitrogen oxides. Dia memanfaatkan daunnya untuk menyerap berbagai polusi tersebut. 


  1. Menyerap radiasi peralatan elektronik

Apakah anda memiliki berbagai peralatan elektronik di dalam rumah? Jika anda memiliki banyak alat elektronik, alangkah baiknya untuk meletakkan tanaman ini di dekat peralatan tersebut. Hal ini dikarenakan tanaman Sansevieria dapat mengurangi radiasi gelombang yang dipancarkan oleh peralatan elektronik. 


  1. Mengurangi gejala sick building syndrome

Sick building syndrome merupakan sebuah istilah ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan saat beraktivitas di dalam gedung. Gangguan tersebut dapat berupa sakit kepala, pusing, mual, mata berair, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya. Penyebab dari gejala ini adalah banyaknya polusi udara di dalam gedung seperti asap rokok, debu, asap kendaraan, dan lain-lain. Nah, karena Sansevieria cylindrica dapat menyaring udara serta menyerap polutan, tanaman ini dapat mengurangi gejala Sick building syndrome yang diderita oleh seseorang.


  1. Menetralkan racun yang terkandung dalam rokok

Nikotin merupakan zat berbahaya apabila terhirup oleh manusia terutama yang bukan perokok aktif. Dengan menempatkan tanaman ini di area dekat dengan perokok maka dia dapat menetralisir racun nikotin yang dihasilkan oleh rokok tersebut. 


  1. Menetralkan aroma tak sedap

Disamping dapat memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi, tanaman ini juga dapat menetralisir aroma tak sedap yang biasanya dihasilkan oleh kulkas. Anda dapat meletakkan tanaman ini di dekat pintu kulkas maupun di sudut ruangan. 


  1. Mempercantik lingkungan sekitar

Di dalam maupun di luar ruangan, memelihara tanaman tombak Afrika tidak merugikan sama sekali bahkan kehadirannya dapat mempercantik lingkungan sekitar. Letakkan tanaman ini di halaman atau di dalam rumah agar rumah anda terlihat lebih asri dan hijau.  

Baca juga : Cara menanam stroberi di rumah

Kisaran Harga Tanaman Ular Silindris di Pasaran

Harga Tanaman berdaun ular silindris tergolong cukup murah di pasaran. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang membudidayakan tanaman ini sehingga keberadaannya sudah sangat banyak. Harga satu tanaman ini tidak sampai Rp100.000. Untuk ukuran kecil tanaman ini dipatok sekitar Rp35.000 dan untuk ukuran yang lebih besar sekitar Rp70.000.

Jadi, tunggu apalagi? Segera miliki tanaman ini di rumah anda. Selain mempercantik rumah, tanaman ini pastinya memberikan manfaat kesehatan untuk keluarga di rumah.  


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menanam Sayur Di Pot Dengan Mudah